Jenis Atap Rumah yang Cocok untuk Curah Hujan Tinggi

Memilih atap yang tepat untuk rumah di daerah dengan curah hujan tinggi sangatlah penting. Atap yang tidak sesuai dapat menyebabkan berbagai masalah seperti kebocoran, kerusakan struktural, dan biaya perawatan yang tinggi. Oleh karena itu, penting untuk memilih material atap yang kokoh dan tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem.

Salah satu material atap yang sangat disarankan untuk menghadapi curah hujan yang tinggi adalah atap BlueScope Zacs®️. 

Berbeda dengan material kayu yang mudah diserang rayap atau besi biasa yang rentan berkarat, material atap  BlueScope Zacs®️ sudah terpercaya ketahanannya dalam berbagai cuaca ekstrem. Salah satunya daerah dengan curah hujan yang tinggi.

Keunggulan Atap Lapis BlueScope Zacs®️

Atap Lapis BlueScope Zacs®️ Natural Merah Gaharu
Atap Lapis BlueScope Zacs®️ Natural Merah Gaharu

Lalu, apa saja keunggulan atap lapis BlueScope Zacs®️ ini? Berikut penjelasannya.

Bahan Baku Berkualitas Tinggi

Atap Lapis BlueScope Zacs®️ diproduksi menggunakan teknologi mutakhir dan telah teruji selama lebih dari 100 tahun di Australia. Hal ini menjamin bahwa atap ini mampu bertahan dalam berbagai kondisi cuaca ekstrem.

Bobot Ringan

Material atap ini memiliki bobot yang ringan, sehingga pemasangannya mudah dan cepat. Keunggulan ini juga membuatnya cocok untuk digunakan di area rawan gempa, karena tidak membebani struktur bangunan secara berlebihan.

Kokoh dan Tahan Lama

BlueScope Zacs®️ dikenal karena kekokohannya dan daya tahannya yang luar biasa. Atap lapis ini memerlukan perawatan yang minimal dan memiliki risiko bocor yang sangat rendah, sehingga sangat cocok untuk daerah dengan curah hujan tinggi.

Tahan Karat dan Anti Rayap

Salah satu masalah umum yang dihadapi oleh atap di daerah tropis adalah karat dan serangan rayap. Dengan menggunakan atap lapis BlueScope Zacs®️, masalah ini dapat dihindari karena atap ini tahan karat dan anti rayap.

Ini bisa menjadi pilihan buat Anda yang masih bingung mau menggunakan material apa. Biasanya, pilihan pembuatan atap rumah dari rangka kayu atau besi. Nah, sekarang sudah ada atap lapis yang cocok untuk curah hujan tinggi dari BlueScope Zacs®️.

Pilihan Warna Beragam

BlueScope Zacs®️ hadir dengan berbagai pilihan warna yang dapat menambah estetika bangunan Anda. Dengan begitu, selain mendapatkan perlindungan yang optimal, rumah Anda juga akan terlihat lebih indah dan menarik.

Tips Perawatan Atap Saat Musim Hujan

Tips Perawatan Atap Saat Musim Hujan
Sumber dari Bluescopezacs.id

Musim hujan sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik rumah, terutama dalam hal perawatan atap.

Agar atap rumah Anda tetap dalam kondisi optimal dan mampu melindungi rumah dari curahan air hujan, perawatan rutin sangat diperlukan.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk merawat atap rumah selama musim hujan.

1. Rutin Memeriksa dan Membersihkan Saluran Air

Saluran air di atap, seperti talang dan pipa, memiliki peran penting dalam mengalirkan air hujan dari atap ke saluran pembuangan. Pastikan saluran ini selalu bersih dari kotoran seperti daun, ranting, dan sampah lainnya.

Kotoran yang menumpuk dapat menyumbat saluran air, menyebabkan air hujan menggenang di atap dan berpotensi merusak struktur atap. Lakukan pemeriksaan dan pembersihan secara rutin, terutama sebelum musim hujan tiba, untuk memastikan aliran air tetap lancar.

2. Mengganti Bagian yang Rusak atau Berkarat

Kerusakan pada atap, baik itu retak, bocor, maupun berkarat, harus segera ditangani untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Bagian atap yang rusak dapat menyebabkan air masuk ke dalam rumah, merusak plafon, dinding, dan bahkan perabotan di dalam rumah.

Oleh karena itu, periksa atap secara berkala dan ganti bagian yang rusak atau berkarat. Menggunakan bahan atap berkualitas tinggi dan tahan terhadap cuaca ekstrem juga bisa menjadi investasi yang baik untuk jangka panjang.

3. Menjaga Kemiringan dan Kebersihan Permukaan Atap

Kemiringan atap sangat berpengaruh pada kemampuan atap dalam mengalirkan air hujan. Pastikan atap memiliki kemiringan yang cukup untuk menghindari genangan air yang dapat merusak atap.

Selain itu, kebersihan permukaan atap juga perlu diperhatikan. Debu, kotoran, dan lumut yang menumpuk di permukaan atap dapat mempercepat proses kerusakan atap. Bersihkan permukaan atap secara rutin, minimal dua kali setahun, untuk menjaga keawetan atap.

Dengan melakukan perawatan rutin dan tepat, Anda dapat memastikan atap rumah tetap kokoh dan mampu melindungi rumah dari berbagai kondisi cuaca, terutama saat musim hujan.

Selain itu, perawatan yang baik juga dapat memperpanjang usia pakai atap dan menghemat biaya perbaikan di masa depan. Selalu periksa dan rawat atap rumah Anda dengan baik untuk kenyamanan dan keamanan hunian.

Hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah memilih material yang bermutu tinggi seperti atap lapis BlueScope Zacs®️ yang dilengkapi dengan garansi resmi 10 tahun perlindungan karat dan 5 tahun perlindungan warna.

Material ini juga bersertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) sehingga merupakan pilihan tepat untuk melindungi rumah Anda dari curah hujan tinggi.

Bagaimana? Apakah Anda sudah menggunakan atap lapis dari BlueScope? Kalau belum, yuk segera kunjungi website resminya di bluescopezacs.id sekarang.

3 pemikiran pada “Jenis Atap Rumah yang Cocok untuk Curah Hujan Tinggi”

  1. Wah butuh perawatan yang khusus ya untuk atap dengan curah hujan yang tinggi, biar atapnya awet dan tidak mudah bocor. Atap lapis dari BlueScope sangat awet ya apalagi ada garansi juga, senangnyaaaa.

    Balas
  2. Saluran air ini penting lo, jangan sampai buntu, pernah ngalami saluran air buntu karena daun kering, jadinya air masuk ke dalam rumah karena hujannya deras dan air tidak bisa mengalir, atap ambrol

    Balas
  3. Untuk daerah tropis lembap kayak Indonesia ini, yang penting sudut kemiringannya jangan lebih rendah dari 15 derajat sih. Bagus 30 derajat, supaya air hujan cepat mengalir. Tentunya harus diimbangi dengan sistem talang yang baik. Atap lapis BlueScope Zacs®️ keren nih, bahannya awet, kekinian, dan ada pilihan warna.

    Balas

Tinggalkan komentar